Senin, 29 Juli 2019

10 contoh kalimat spok bahasa indonesia

10 contoh kalimat spok bahasa indonesia


Pengertian Pola Kalimat

Pola kalimat adalah susunan yang terdapat kalimat dan terdiri dari S-P-O-(K). Kalimat adalah satuan terkecil dari bahasa dalam bentuk tulisan maupun lisan yang terdiri dari susunan/rangkaian kata-kata yang mengandung arti dan makna tertentu. Kalimat disampaikan untuk menyampaikan pesan tertentu sehingga dalam penyusunan kaliat tidak boleh sembarangaan demia menghindari kesalahpahaman dari pihak yang menerima pesan tersebut. Kalimat yang baik terdiri dari Subjek-Predikat-Objek-(Keterangan). Sebelum kit membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengatahui penjelasan mengenai unsur-unsur kalimat berikut ini.

Unsur -unsur Kalimat

Unsur-unsur kalimat adalah susunan yang harus ada dalam susunan kalimat. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai Subjek, Predikat, dan Objek lengap.
  1. Subjek

    Subjek adalah pelaku (yang melakukan pekerjaan) dalam konteks kalimat tertentu. Pada umumnya subjek berupa kata benda, binatang, tumbuhan dan benda-benda tertentu. Subjek merupakan bagian klausa yang melakukan pekerjaan. Subjek adalah aktor yang melakukan kegiatan tertentu yan. Contoh subjek adalah, saya, sapi, pohon pisang, dan lain-lain.
  2. Predikat

    Bagian dari susunan kalimat lainnya adalah predikat. Predikat merupakan unsru kalimat yang menyatakan kegiatan dan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh subjek tertentu. Misalnya, mencangkul, bernyanyi, melukis memasak,dan lain-lain. Predikat harus mengandung unsur verba atau mengandung kata kerja, jika tidak demikian maka tidak dapat disebut sebagai predikat.
  3. Objek

    Objek adalah sesuatu yang dikenai pekerjaan/kegiatan oleh subjek. Jika subjek adalah yang melakukan kegiatan, maka objek adalah sasaran pekerjaan yang dlakukan oleh objek. Misalnya, ibu, sayur, kopi, mangga, dan lain-lain.
  4. Keterangan

    Keterangan adalah penjelasan lebih lanjut dalam pola dan susunan kalimat. Keterangan menjelaskan bagaimana, diamana, kapan, pekerjaan tersebut dilakukan. Keterangan dapat berupa keterangan tempat seperti, rumah, sekolah, pasar, jalan,lapangan, kantor, dan lain-lain. Keterangan waktu seperti, sore hari, malam hari, siang hari, senja. Selain itu terdapat keterangan-ketarnagn yang menyesuaikan dengan kontek kalimat seperti keterangan cara seperti, “dengan sangat cepat, lebih efektif, lebih mudah” dan lain-lain.
  5. Pelangkap (pel)

    pelengap merupakan kata yang melengkapi keterangan dengan kalimat. Digunakannya pelengkap bertujuan untuk mempertegas maksud dan menjelaskan keterangan secara lebih rinci. Contoh, yang cantik, yang baru, yang bagus, dengan mudah, dan lain-lain.

Contoh Kalimat Berpola SPOK

Berikut ini adalah contoh kalimat berpola SPOK dan penjelasannya:
  1. Ibu   memasak    ikan   di dapurS         P                O        K
  2. Kakak    menyiram   bunga melati    di taman
    S              P                  O                        K
  3. Ayah    meminum    teh    di teras rumahS             P               O            K
  4. Kakek    memandikan     kucing    dengan air hangat
    S                   P                   O                           K
  5. Andi    bermain     game    dengan teman-temannya.
    S             P             O                K
  6. Pak Hadi    menanam     padi      di sawah.
    S                   P                 O            K
  7. Lionel Messi     menendang     bola     ke arah gawang     dengan keras.
    S                                             P                O                K                         (pel)
  8. Suarez     mengoperkan     bola      ke arah Coutinho.
    S                      P                     O               K
  9. Pak guru      sedang menjelaskan      pelajaran      diruang kelas.
    S                             P                               O                  K
  10. Adik      menutup      pintu      dengan keras.
    S               P               O                 K
Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai susunan kalimat yang berpola SPOK. Demikianlah Contoh Kalimat Berpola SPOK dan Penjelasannya !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa share ya Guys   ðŸ˜€

Tidak ada komentar:

Posting Komentar